Monday, April 16, 2012

ADAB BERZIARAH KUBUR (2)

Berziarah adalah kebiasaan masyarakat kita. Manakala ditanya, apa yg dilakukan di sana? Ada yg ingin shalat, berdoa untuk kenaikan jabatan, kelancaran rezeki atau agar dikaruniai keturunan dll.

Kepada siapa meminta? Ada yg terang-terangan meminta kpd mbah/kyai ini dan itu. Namun, ada pula yg mengatakan bhw ia tetap meminta kpd Allah Swt, tapi supaya cepat dikabulkan mereka sengaja memilih makam org-org shaleh.

[4] SHALAT DI KUBURAN

Shalat di kuburan hukumnya haram, bahkan sebagian ulama mengategorikannya dosa besar.
Praktik ini bisa mengantarkan kpd perbuatan syirik

Sabda Nabi saw, "Laksanakanlah sebagian shalat kalian di rumah kalian dan jgnlah kalian menjadikannya kuburan". (HR. Bukhâri I/528-529 no. 432)

Hadits ini menerangkan agar rumah jgn dikosongkan dari shalat, sebab rumah yg tdk dipakai utk shalat, terutama shalat sunnah, bagaikan kuburan yg memang bukan tempat utk shalat.

Sabda Rasulullah saw, "Bumi seluruhnya adalah masjid (tempat untuk shalat), kecuali kuburan dan kamar mandi". (HR. Ahmad XVIII/312 no. 11788)

Ibnu Hajar al-‘Asqalany menyimpulkan lebih luas lagi. “Kuburan bukanlah tempat utk beribadah”

Perhatikan doa Rasulullah sepeninggalnya kelak, "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan kuburanku berhala yg disembah". (HR. Malik dalam al-Muwattha’ II/72 no. 452)

Ini adalah larangan bagi kita utk tdk mengagungkan kuburan terutama kubur org org yg dianggap shaleh dan sakti. Ini adalah perbuatan syirik, krn bertentangan dgn tauhid.

Serupa dgn kaum musyrikin di zaman Nabi Nuh yg mengagungkan Wadd, Shuwa, Yaghuts, Ya'uq, Nashr dan org org shaleh mrk.

Kuburan hanya benda mati yg didalamnya terbujur kaku mayat yg tdk dpt memberikan manfaat dan mudharat. Ia tdk bisa mengabulkan doa atau meneruskan doa kpd Allah. Ia tdk bisa menolong dirinya sendiri apalagi menolong org lain.

Hindarilah beribadah dikubur krn itu perbuatan syirik yg tak diampuni Allah..Na'udzubillah!

Salam !

shared by www.facebook.com/m.rifki.rosady168

No comments:

Post a Comment