Monday, April 16, 2012

SAAT BERDOA/BERDZIKIR BERSUARA KERAS ATAU PELAN ?

Kajian Tematis al-Qur'an
& as-Sunnah #250


SAAT BERDOA/BERDZIKIR BERSUARA KERAS ATAU PELAN ?

Imam Asy-Syafi’iy dalam kitab Al-Umm :

“Dan aku memilih bagi imam dan makmum agar berdoa kpd Allah setelah selesai melakukan shalat, dan melembutkan suara dalam berdzikir kecuali seorang imam yg ingin mengajarkan kpd makmum. Hendaknya ia mengeraskan bacaan dzikir sehingga makmum mengetahui bahwa mereka telah diajarkan, kemudian setelah itu imam harus melembutkan suaranya dgn pelan ketika berdoa, sebagaimana firman Allah : “Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam doamu dan jgn pula merendahkannya. Carilah jalan tengah di antara keduanya” (QS. Al-Israa’ : 110). Dan yang dimaksud dgn ayat ini adalah doa”.

Apa yg ditegaskan oleh Asy-Syafi’i adalah benar dan cocok dgn firman Allah:
{ وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ }

“Dan berdzikirlah/sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dgn tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yg lalai” [QS. Al-A’raaf : 205].

Perhatikan juga sabda Rasulullah Saw :
ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ ، إِنَّكُمْ لاَ تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلاَ غَائِبًا ، إِنَّكُمْ تَدْعُونَ سَمِيعًا قَرِيبًا وَهْوَ مَعَكُمْ ﴿رواه البخاري﴾

"Kasihanilah diri kamu, karena sesungguhnya kamu tdk berdoa kepada yg tuli dan tdk pula ghaib, sesungguhnya kamu berdoa (memohon) kpd Yang Maha Mendengar lagi Maha Dekat dan Dia selalu menyertaimu". (HR. Bukhari).

Rasulullah SAW bersabda : "Berdoalah kamu sekalian kpd Allah SWT dgn perasaan yakin akan dikabulkannya doamu. Ketahuilah bahwasannya Allah SWT tdk akan mengabulkan doa orang yg hatinya lalai dan tdk bersungguh-sungguh." (HR. At-Tirmidzi)

Maka dari itu berdoalah dan berdzikirlah dgn suara yg lembut dan syahdu penuh harap, sampai org yg disebelah kitapun tdk tahu apa yg kita ucapkan saat kita berdoa dan berdzikir.

Salam !

http://www.facebook.com/m.rifki.rosady168

No comments:

Post a Comment