Monday, April 16, 2012

SHALAT JAMA' & QASHAR

☑ ARTI SHALAT JAMA’
Ialah shalat yg dikumpulkan dua shalat (Dhuhur dgn Ashar, Maghrib dgn Isya) didalam satu waktu.

☑ TATACARA SHALAT JAMA'
a. Jama’ Taqdim : shalat Dhuhur dan Ashar dikerjakan pd waktu Dhuhur, atau maghrib dgn Isya dilakukan pd waktu maghrib.
b. Jama’ Ta’hir : Shalat Dhuhur dgn Ashar dikerjakan pd waktu Ashar, dan Maghrib dgn Isya dikerjakan pd waktu Isya.

☑ BOLEH JAMA' DIDALAM NEGERI "Berkata Ibnu Abbas: Rasulullah saw pernah shalat jama' antara Dhuhur dan Ashar, Maghrib dan Isya, bukan diwaktu ketakutan dan bukan didalam perjalanan (safar). Lantas ada orang bertanya kpd Ibnu Abbas: "Mengapa Rasulullah saw berbuat begitu? Ia menjawab: "Rasulullah saw. berbuat begitu karena tdk mau memberatkan seorangpun dr umatnya". (HR. Muslim)

☑ ARTI QASHAR
Meringkas rakaat shalat, yg 4 menjadi 2 rakaat, 2 dan 3 rakaat tetap.

“Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, mk tidaklah mengapa kamu mengqashar shalatmu jika kamu takut diserang org-org kafir. Sesungguhnya org-org kafir itu adalah musuh yg nyata bagimu”. (An Nisa 101).

Bgmn apabila telah aman ?, Sahabat Umar ra bertanya kpd Rasulullah SAW dan beliau menjawab: “(Qashar itu) adalah sedekah dari Allah Swt kepadamu, maka terimalah sedekah Allah Swt tsb” .(HR.Muslim, Abu Dawud)

☑ TATACARA QASHAR
Sama seperti tatacara shalat jama', hanya jumlah rakaatnya diringkas

☑ JARAK SAFAR
Dari Yahya bin Yazid al-Hana?i berkata, saya bertanya pd Anas bin Malik ttg jarak salat Qashar. Anas menjawab: “Rasulullah SAW jika keluar menempuh jarak 3 mil atau 3 farsakh beliau salat dua rakaat.” (HR Muslim).
Cat: 1 mil=1,61 km, riwayat lain disebutkan jarak safar adalah 8 km, 25 km dll

☑ LAMA WAKTU SAFAR
Selama itu berniat berpergian sejak keluar rumah dan kembali ke rumah dan tdk menetap maka itu disebut Safar, jd shalat bisa di Jama' dan di Qashar sekaligus. Dlm bbrp hadits disebutkan 4, 10, 19, 20 hari, 6 bln dll

Salam !

http://www.facebook.com/m.rifki.rosady168

No comments:

Post a Comment