Sunday, November 25, 2012

Menjamak Sholat

Sholat itu hukumnya wajib orang muslim. sholat sholat itu telah ditentukan waktunya sebagaimana di dalam surat An-Nisa:103.

Batas waktu sholat :
a. waktu zuhur. masuk waktu zuhur jika matahari sudah tergelincir atau bayang bayang benda kelihatan condong. batas waktu zuhur sampai masuk waktu asar.
b. waktu asar : masuk waktu azar jika bayang bayang benda lebih panjang dari benda aslinya. batas waktu asar sampai masuk waktu magrib.
c. waktu magrib : waktu masuk magrib jika matahari terbenam. batas waktu magrib sampai masuk isyak.
d. waktu isyak : waktu isyak masuk jika syafak di ufuk barat menghilang. batas waktu isyak idealnya sampai tengah malam pkl 00:00.
e. waktu subuh : dari fajar samapi terbit matahari.

Sholat jamak adalah menggabungkan dua sholat dalam satu waktu. sholat sholat yang boleh dijamak yaitu : zuhur sama asar dan magrib sama isyak. tentang jarak agar diperbolehkan menjamak sholat masih jadi perdebatan, intinya nabi tidak ingin memberatkan kaumnya dengan sholat maka alloh membolehkan untuk menjamak sholat.
Sholat jamak rosul :
a. rosulullah jika safar, misalnya perginya sebelum zuhur maka dia menjamak zuhur dan asar di waktu asar.
b. jika perginya setelah zuhur maka beliu menjamak zuhur dan asar di waktu zuhur.

diperbolahkan menjamak sholat dalam keadaan berikut :
a. macet : jika pulang kerja dan dalam keadaan macet boleh menjamak sholat magrib dengan isyak, intinya nabi tidak ingin memberatkan kaumnya. dahulu waktu di madinah nabi juga menjamak sholat meskipun tidak dalam keadaan sedang berperang. saat perang khodaq nabi dan sahabat menjamak waktu sholat(zuhur, asar, magrib dan isyak) dalam 1 waktu yaitu di malam hari.
b. saat sakit.
c. saat lupa misal tertidur, atau lupa sudah sholat apa belum.


sumber : H. Darwis Abu Ubaidah

No comments:

Post a Comment