Thursday, April 19, 2012

MENGAPA AL-QUR'AN BERBAHASA ARAB ?

Allah telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an karena bahasa Arab adalah bahasa yg terbaik yg pernah ada sebagaimana firman Allah:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dgn berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf:2)

Ibnu katsir mengatakan:
“Yang demikian itu (bahwa Al -Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab) krn bahasa Arab adalah bahasa yg paling fasih, jelas, luas, dan maknanya lebih mengena lagi cocok utk jiwa manusia.

Oleh karena itu kitab yg paling mulia (yaitu Al-Qur’an) diturunkan kpd rasul yg paling mulia (yaitu: Rasulullah), dgn bahasa yg termulia (yaitu Bahasa Arab), melalui perantara malaikat yg paling mulia (yaitu malaikat Jibril), ditambah kitab inipun diturunkan pd dataran yg paling mulia diatas muka bumi (yaitu tanah Arab), serta awal turunnya pun pd bulan yg paling mulia (yaitu Ramadhan), sehingga Al-Qur'an menjadi sempurna dari segala sisi.” (Tafsir Ibnu Katsir)

Salam !
----------

Minum air Zamzam sambil berdiri dan menghadap kiblat / kabah, apalagi dilakukan di Multazam, antara Hajar Aswad dan Pintu Ka'bah, tempat dikabulkannya semua doa :

Dari Ibnu Abbas beliau mengatakan, “Aku memberikan air zam-zam kpd Rasulullah saw. Maka beliau lantas minum dalam keadaan berdiri.” (HR. Bukhari no. 1637, dan Muslim no. 2027)

Lalu berdoa,

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN WA RIZQON WAASI’AN WA SYIFAA-AN MIN KULLI DAA-IN

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat,
rizki yang luas dan obat dari segala penyakit”. (HR. Al-Hakim)

No comments:

Post a Comment