Sunday, April 29, 2012

Wanita Muslimah Bertanggung Jawab Atas Anggota Keluarganya

Dalam mengarungi kehidupan rumah tangga, seorang wanita muslimah tdk kalah berat dari laki-laki dalam memikul tanggung jawab anggota keluarganya di hadapan Allah.

Bahkan terkadang tanggung jawabnya lebih besar, dikarenakan dia mengetahui seluk beluk dan sepak terjang anak-anaknya dan yg lebih sering berada bersama mereka daripada suaminya.

Wanita muslimah merasakan tanggung jawab yg besar ini, terlebih ketika mendengar sabda Nabi saw :

"Dan wanita adalah pemimpin dalam rumah tangga suaminya, dan dia akan dimintai pertanggung jawabannya terhadap apa yg dia pimpin". (Muttafaqun 'Alaihi)

Sehingga perasaan tanggung jawabnya itu selalu mendorongnya utk selalu memperhatikan anggota keluarganya, dan selalu membantu suaminya dalam mendidik anak-anaknya dan melayani suaminya dgn baik.

Wanita muslimah tdk akan terlalu sibuk dgn berbagai aktifitasnya, namun dia akan fokus dalam rumahnya utk memberikan perhatian yg lebih kepada anak-anaknya.

Namun tentunya tidaklah salah apabila dalam hal nafkah, sang suami tdk mencukupi dan sang istri mempunyai kemampuan utk membantu, juga bagi wanita yg memiliki keahlian khusus, utk berdakwah, berjihad, dll. Apalagi tentunya bagi wanita yg single parents.

Menetapnya wanita dirumah adalah suatu kebaikan, karena dgn demikian dia telah mentaati Allah swt dalam firman-Nya :

"Dan hendaklah kamu (para wanita) tetap di rumahmu, dan jangan berhias dan (bertingkah laku) seperti org-org jahiliyah dahulu". (QS. al-Ahzab:33)

Oleh karena itu berbahagialah wahai para wanita yg tetap berada dalam ketaatan Rabbnya.

Salam !
----------
Quotes :
Belajar Kesabaran dari Asiah, Kesetiaan dari Khadijah, Kesucian dari Maryam, Keikhlasan dari Aisyah, Ketabahan dari Fathimah

Sumber :
Kajian Tematis al-Qur'an
& as-Sunnah # 341

No comments:

Post a Comment